Ketika Anda sakit, biasanya lebih mudah mengantuk. Banyak yang berpikir bahwa kondisi ini disebabkan oleh pengaruh obat-obatan yang membuat Anda lebih banyak beristirahat sehingga Anda dapat pulih dengan cepat.

Meskipun ada kebenaran, ada juga alasan lain mengapa Anda merasa mudah tertidur ketika sakit, seperti saat pilek. Lihatlah ulasan di bawah ini.
Mengapa orang yang sakit mudah mengantuk?

mengantuk setelah berolahraga

Ketika seseorang sakit, tidak jarang mereka menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur karena rasa kantuk yang tak tertahankan. Ini disebabkan oleh adanya senyawa kimia yang dilepaskan seseorang saat dia sakit.

Senyawa ini akan menolak aktivitas sel-sel sistem saraf yang bekerja untuk meningkatkan kesadaran. Para peneliti eLife menemukan bahwa senyawa tersebut adalah protein yang disebut DMSR-1 (diaktifkan oleh FLP-13) yang berfungsi membuat Anda tidur.

FLP-13 adalah senyawa kimia yang dilepaskan ketika seseorang sakit. Menurut penelitian yang dilakukan pada hewan, bahkan hewan yang sakit tidak melakukan aktivitas normal mereka, sehingga lebih banyak istirahat dan tidur.

Itu sebabnya, ketika Anda sakit, Anda cenderung mudah tidur karena senyawa kimia FLP-13 mengaktifkan protein DMSR-1 yang tidur.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan pada DMSR-1 dan interaksinya dengan FLP-13.
Alasan lain Anda mudah tertidur saat sakit

Sering Mengantuk Saat Sedang Sakit

Selain melepaskan senyawa kimia, ada alasan lain yang membuat Anda mudah mengantuk saat sakit.

Satu teori yang mungkin bisa menjawab adalah bahwa tubuh dipaksa untuk beristirahat dan pulih. Tidak hanya itu, ketika Anda tidur dalam keadaan sakit, tubuh akan memainkan peran yang berbeda, seperti:

Kode: kenali mikroba asing di dalam tubuh dan cobalah untuk melawannya.
Konsolidasi: pengumpulan dan kombinasi informasi tentang mikroba asing ini.
Pengingat: simpan pengalaman sebagai data jika mikroba yang sama kembali ke tubuh.

Proses ketiganya membuat Anda lebih kebal terhadap mikroba tertentu, seperti cacar air yang biasanya terjadi hanya sekali. Ketiganya masih bisa terjadi ketika Anda bangun, tetapi ketika Anda tidur ketiga proses itu bisa dilakukan lebih optimal.
Manfaat tidur saat Anda sakit

Tidak ada keraguan bahwa tidur yang cukup dan kualitas yang baik dapat memiliki dampak positif pada tubuh Anda. Selain itu, mudah untuk tidur ketika Anda sakit, yang berarti bahwa tubuh Anda perlu istirahat untuk pulih.

Berikut ini beberapa manfaat tidur yang sangat membantu dalam membantu proses pemulihan jika terjadi penyakit.

Hemat energi, sehingga energi yang Anda miliki dapat dialihkan untuk memerangi mikroba asing yang menyebabkan Anda sakit.
Membantu menjaga keseimbangan sistem kekebalan tubuh dalam merawat mikroba.
Meningkatkan kadar asam alfa-lipoat (ALA), yang merupakan antioksidan yang mempercepat pemulihan.

Kantuk yang mudah saat Anda sakit sebenarnya juga merupakan sinyal yang dikirim oleh tubuh bahwa Anda perlu istirahat. Coba dengarkan tubuh Anda agar proses pemulihan bisa berjalan dengan baik.

Jika rasa sakit tidak hilang, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih tepat.

Baca Juga: