Pengertian koordinasi – Koordinasi adalah proses sinergi dan keseimbangan semua kegiatan kerja antara satu pihak dan bagian lain untuk mencapai tujuan bersama. Untuk lebih jelasnya, kita akan membahas materi tentang Memahami Koordinasi, Syarat, Tujuan, Manfaat, Jenis, Ruang Lingkup, Prinsip dan Dampak Koordinasi. Jadi lihat ulasannya di bawah ini

Pengertian Koordinasi

Koordinasi adalah proses sinergi dan keseimbangan semua kegiatan dalam pekerjaan antara satu pihak dengan pihak lainnya untuk mencapai tujuan bersama. Dengan cara ini, koordinasi juga merupakan proses saling pengertian dan saling pengertian antara dua pihak atau lebih dalam menjalankan suatu masalah.

Jenis koordinasi

koordinasi
Berikut ini adalah 2 jenis koordinasi, yaitu;

A. Koordinasi internal

Koordinasi internal dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu:

Koordinasi vertikal
Koordinasi vertikal yaitu antara koordinasi dengan yang terkoordinasi secara struktural yang memiliki hubungan hierarkis karena satu dengan yang lain terkandung dalam suatu perintah atau command line.

Koordinasi horizontal
Koordinasi horizontal yang merupakan koordinasi fungsional berarti bahwa koordinator memiliki level level yang sama.

B. Koordinasi eksternal

Koordinasi eksternal adalah koordinasi koordinasi fungsional, berdasarkan koordinasi eksternal yang fungsional, koordinasi hanya horisontal dan koordinasi eksternal diagonal. Koordinasi eksternal dibagi menjadi 2 kategori, yaitu:

Koordinasi vertikal
Koordinasi vertikal Vertikal adalah koordinasi yang dilakukan oleh pemimpin daerah yang melakukan kegiatan pembangunan antar lembaga atau antara pemimpin lembaga lain, seperti rapat kerja, rapat staf, dan rapat kepemimpinan.

Koordinasi horizontal
Koordinasi horizontal adalah titik di mana seorang pemimpin atau pemimpin selalu berhubungan dengan kantor lain yang dianggap terkait atau berkorelasi dengan masalah pembangunan di area kerja.

Persyaratan koordinasi

Terry menjelaskan kondisi dalam koordinasi sebagai berikut:

  • Rasa kerjasama, yang memiliki perasaan gotong royong dilihat oleh divisi
  • Persaingan, di perusahaan besar biasanya ada persaingan antar departemen, sehingga mereka saling bersaing dalam pengembangan dan kemajuan.
  • Semangat tim, artinya, harus saling mendukung dan saling mendukung
  • Esprit de Corps, yang merupakan bagian yang harus menghargai dirinya sendiri untuk menjadi lebih antusias.

Tujuan koordinasi

Menurut Siagian (1993: 110), tujuan koordinasi adalah:

  • Mencegah konflik dan kontradiksi
  • Mencegah persaingan yang tidak adil
  • Mencegah pemborosan
  • Ini mencegah ruang kosong dari ruang dan waktu
  • Mencegah perbedaan dalam pendekatan dan implementasi
  • Manfaat koordinasi

Manfaat koordinasi

Kelebihan koordinasi adalah sebagai berikut;

  • Penciptaan koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan penyederhanaan untuk mencapai tujuan organisasi dengan cara yang seefektif dan seefisien mungkin.
  • Menjadi pemecah masalah dalam setiap masalah dan konflik semua pihak.
  • Kepemimpinan menjadi mudah dalam menjalankan sinergi dan mengintegrasikan tugas yang ada dengan pihak terkait. Ketika koneksi dengan unit atau divisi meningkat, kebutuhan akan koordinasi lebih besar.
  • Mendukung para pemimpin dalam sinergi dan kontrol pembangunan dari satu unit ke unit lainnya.
  • Pemimpin dapat menyinkronkan kegiatan fungsional dengan berbagai tujuan dari setiap unit yang berbeda untuk mencapai tujuan bersama dengan cara yang seefektif dan seefisien mungkin dengan sumber daya yang tersedia terbatas.

Lingkup koordinasi

George R. Terry menyatakan dalam bukunya yang berjudul “Prinsip Manajemen (1964), bahwa ruang lingkup koordinasi termasuk:

Koordinasi pada individu
Dilihat dari sisi manajemen organisasi, koordinasi individu dapat masuk ke dalam bisnis masing-masing individu dan tidak terkait langsung dengan organisasi atau manajemen perusahaan. Namun, pengalaman setiap individu dalam mengelola dan melaksanakan tanggung jawab organisasi akan berdampak pada keberhasilan pencapaian tujuan pribadi.

Koordinasi antar individu dalam suatu kelompok
Menilai dari kerja tim dalam organisasi atau dalam permainan olahraga, jika tidak ada koordinasi yang baik, kemungkinan tim tidak akan menang.

Sumber : https://rumus.co.id