Memahami akomodasi: Dilansir dari materibelajar.co.id perumahan adalah upaya untuk menyelesaikan masalah / perselisihan oleh para pihak yang mengalami masalah dan mengarah ke negara atau situasi akhir dari perselisihan atau masalah tersebut. Untuk lebih jelasnya, kami akan meninjau materi yang terkait dengan akomodasi ini mulai dari Memahami akomodasi, tipe akomodasi, dan contoh perumahan. Jadi lihat ulasannya di bawah ini.

Definisi Akomodasi

Pengaturan ini merupakan upaya untuk mendapatkan penyelesaian masalah / perselisihan oleh para pihak yang mengalami kesulitan dan mengarah ke negara atau situasi di mana perselisihan atau masalah diselesaikan.

Jika pengaturan dimulai dengan upaya pihak-pihak yang bertikai untuk mengurangi konflik antara kedua pihak, intensitas konflik antara keduanya dapat berkurang.

Berbagai bentuk akomodasi

Selain pengertian, akomodasi juga memiliki berbagai bentuk. Berikut ini adalah berbagai bentuk akomodasi dan contohnya, sebagai berikut;

Kompromi / kompromi
Kompromi adalah proses akomodasi yang menyebabkan kedua belah pihak saling mengurangi kebutuhan atau harapan mereka sehingga sumber ketegangan dapat mereda dan masalah atau konflik dapat diselesaikan.

Contoh: kompromi antara partai politik untuk berbagi kekuasaan berdasarkan suara yang diperoleh masing-masing partai.

Paksaan
Pemaksaan adalah proses akomodasi yang dilakukan dengan paksa atau dengan kekerasan. Biasanya paksaan terjadi karena perbedaan derajat posisi yang sangat berbeda antara kedua pihak dalam struktur sosial.

Contoh: perselisihan antara kaya dan miskin.

Mediasi
Mediasi adalah proses akomodasi yang menyelesaikan perselisihan antara dua atau lebih kelompok yang kedua belah pihak tidak dapat mencapai kesepakatan sehingga kedua belah pihak dalam konflik dan masalah-masalah tersebut memperkenalkan pihak ketiga dengan harapan konflik diselesaikan.

Mediasi berbeda dari arbitrase karena dalam mediasi, pihak ketiga tidak memiliki hak untuk membuat keputusan atau dengan kata lain netral sedangkan arbitrasi, pihak ketiga dapat membuat keputusan jika terjadi deadlock sehingga tidak netral.

Contoh: lampu merah pada lampu lalu lintas menunjukkan bahwa kendaraan harus berhenti, kendaraan harus berhenti.

Arbitrase
Arbitrase adalah proses penyelesaian yang dilakukan dengan menghadirkan pihak ketiga untuk menengahi perselisihan antara kedua pihak yang mengalami konflik atau masalah.

Contoh: konflik atau masalah antara pekerja dan pengusaha dengan bantuan agen penyelesaian perburuan Kementerian Tenaga Kerja (Depnaker) sebagai pihak ketiga.

Konsiliasi
Konsiliasi adalah upaya untuk mempertemukan pihak-pihak yang bertikai, khususnya dengan menggunakan perwakilan dari kedua belah pihak sehingga mereka dapat mencapai kesepakatan bersama dengan pemimpin yang lebih tenang.

Contoh: kasus paling nyata terjadi di Aceh, yaitu GAM (Gerakan Aceh Merdeka).

Jalan buntu

Mengulur adalah bentuk akomodasi yang dijalani antara bagian yang memiliki posisi atau kekuatan yang sama sehingga konflik berhenti dengan sendirinya. Hal ini terjadi karena dianggap bahwa jika konflik terus terjadi perselisihan akan ada kehancuran di kedua belah pihak.

Contoh: Masa Perang Dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet.

Toleransi / toleransi
Toleransi adalah bentuk akomodasi yang paling acuh dibandingkan dengan yang lain. Toleransi adalah bentuk akomodasi yang selalu berusaha menghindari konflik jika memungkinkan.

Contoh: toleransi dalam agama, yaitu umat beragama harus menghormati komunitas agama lain.

Segregasi
Segregasi adalah bentuk upaya penyelesaian sengketa oleh kedua belah pihak untuk menghindari konflik sehingga tidak berkelanjutan.

Contoh: pemisahan warga kulit hitam dan putih di Afrika Selatan selama kebijakan apartheid.

Eliminasi
Eliminasi adalah bentuk upaya penyelesaian sengketa karena ada bagian yang bersedia untuk pindah, meminta maaf dan mengundurkan diri dari kompetisi.

Contoh: penyelesaian masalah yang terjadi karena mediasi oleh pihak yang mengetahui penipuan dan rasa bersalah.

Evaluasi
Penghakiman adalah bentuk perumahan yang menggunakan saluran hukum, yaitu pengadilan. Kedua belah pihak sepakat untuk menangani masalah ini.
Contoh: resolusi kasus di pengadilan.

Oleh karena itu, ulasan kami tentang definisi bahan perumahan, jenis akomodasi, dan contoh. Semoga bermanfaat