Kanker tenggorokan sering tidak menunjukkan gejala yang berarti ketika masih dalam tahap awal. Akibatnya, banyak pasien baru pergi ke dokter ketika kanker tenggorokan memasuki fase 4. Faktanya, semakin cepat kanker didiagnosis, kemungkinan pemulihan akan semakin besar.
Apa artinya jika Anda didiagnosis menderita kanker stadium 4?

kanker tenggorokan

Kanker tenggorokan yang telah memasuki fase 4 disebut kanker stadium lanjut atau karsinoma metastasis (difusi).

Pada tahap awal, sel kanker masih dapat terbatas hanya muncul di satu area tenggorokan atau di salah satu pita suara. Ukuran tumor pada tahap ini juga kecil, yaitu kurang dari 2 sentimeter.

Saat memasuki fase 4, sel-sel kanker biasanya menyebar ke kelenjar getah bening di sisi leher dan di area berikut:

Jaringan yang lebih dekat, seperti leher, trakea, tiroid, kerongkongan, rahang, mulut atau posisi lainnya.
Bagian-bagian tubuh yang jauh dari tenggorokan, seperti paru-paru, hati dan bahkan tulang.

Dengan memastikan stadium kanker, dokter dapat menentukan jenis perawatan yang tepat berdasarkan tingkat keparahan perkembangan penyakit saat ini. Dokter juga dapat memperkirakan prognosis pasien (harapan hidup) setelah dinyatakan bersalah karena kanker dengan menonton stadium.
Harapan hidup untuk kanker tenggorokan pada stadium 4

sakit tenggorokan, sakit tenggorokan, sakit tenggorokan alami, sakit tenggorokan di apotek, sakit tenggorokan alami, pengobatan untuk sakit tenggorokan

Harapan hidup (tingkat kelangsungan hidup) memberikan gambaran tentang berapa banyak pasien kanker dalam fase yang sama dapat hidup dalam 5 tahun dari diagnosis pertama.

National Cancer Institute melaporkan bahwa tingkat kelangsungan hidup pasien dengan karsinoma laring stadium 4 adalah sekitar 39% dalam 5 tahun, sedangkan probabilitas kelangsungan hidup pasien dengan karsinoma faring stadium 4 dalam 5 tahun adalah sekitar 33%.

Kanker Tenggorokan Stadium 4

Angka 39% menunjukkan 39 orang dari 100 yang menderita kanker faring dapat hidup selama 5 tahun setelah diagnosis penyakit ini.

Namun, penting untuk dipahami bahwa angka ini bukan titik rujukan untuk kelangsungan hidup pasien kanker. Angka ini sebenarnya hanya gambaran seberapa besar kemungkinan pengobatan kanker sehingga pasien akan berhasil.

Lebih jauh, harapan hidup setiap pasien sebenarnya berbeda karena dipengaruhi oleh banyak faktor. Sebut saja usia, kondisi kesehatan umum, jaringan yang terkena, hingga keadaan psikologis pasien.
Opsi pengobatan untuk kanker tenggorokan pada stadium 4

Meskipun tingkat kelangsungan hidup untuk kanker tenggorokan stadium akhir tidak begitu tinggi, ada sejumlah perawatan yang dapat dilakukan untuk meringankan gejala yang dikeluhkan pasien. Berikut adalah beberapa opsi perawatan kanker stadium 4 yang perlu Anda ketahui.

  1. Operasi

operasi kanker tenggorokan

Jika sel kanker telah menyebar jauh ke leher, dokter dapat mengangkat semua bagian tenggorokan yang terkena kanker. Dalam beberapa kasus, dokter juga dapat menghapus seluruh kotak suara dan pita suara serta beberapa atau bahkan semua kelenjar getah bening di leher.

Untuk mengembalikan penampilan dan fungsi menelan, dokter dapat melakukan operasi rekonstruksi tenggorokan.

  1. Kemoterapi

mual setelah kemoterapi

Kemoterapi adalah metode perawatan dengan menyediakan serangkaian obat dosis tinggi untuk menghentikan dan membunuh sel kanker. Metode perawatan ini dapat diberikan melalui suntikan, infus atau diambil langsung melalui mulut.

Obat kemoterapi memiliki banyak jenis, tetapi hanya dokter yang dapat menentukan obat kemoterapi yang terbaik untuk Anda. Ada juga banyak obat kemoterapi yang dapat membuat sel kanker lebih sensitif terhadap radioterapi. Inilah sebabnya, dokter sering menggabungkan kemoterapi dengan radioterapi.

Rambut rontok, mual, kelemahan tubuh, pengurangan nafsu makan adalah beberapa efek samping yang paling sering ditemui oleh pasien kanker setelah menjalani kemoterapi. Berita baiknya, efek samping ini akan hilang setelah pasien menyelesaikan perawatan.

  1. Radioterapi

radioterapi untuk kanker payudara

Radioterapi atau radioterapi juga populer untuk pengobatan kanker tenggorokan stadium 4. Bahkan, hampir setengah dari pasien disarankan untuk melakukan radioterapi sebagai rangkaian perawatan kanker.

Terapi radiasi dilakukan menggunakan gelombang energi tinggi seperti sinar-X. Paparan gelombang tinggi ini akan merusak DNA yang mengatur pembelahan sel kanker. Dengan cara ini, sel-sel kanker dalam tubuh akan berhenti tumbuh atau bahkan mati.

Baca Juga :