Asma adalah penyakit kronis yang menyerang saluran pernapasan. Penyakit ini menyulitkan mereka yang menderita untuk bernapas. Sayangnya, asma tidak dapat disembuhkan tetapi gejalanya dapat dikendalikan sehingga tidak kambuh lagi. Nah, jika gejalanya tidak terkontrol dengan baik, akan ada banyak komplikasi asma yang mungkin timbul.

Dari masalah kesehatan hingga produktivitas yang terganggu dapat terjadi karena asma yang tidak terkontrol. Jadi, apa saja komplikasi asma yang perlu diwaspadai?

Berbagai Komplikasi Asma Yang Mungkin Timbul

Asma akan bertambah buruk dan Anda akan lepas kendali jika Anda tidak secara teratur mengonsumsi obat-obatan yang direkomendasikan dan masih terpapar berbagai pemicu asma. Jika dibiarkan, akan ada banyak komplikasi asma yang muncul.

Tidak bebas bergerak

Asma membuat Anda tidak dapat melakukan aktivitas dengan baik, juga dapat menurunkan produktivitas. Memiliki asma Anda di luar kendali akan membuat Anda cepat lelah, karena oksigen yang masuk ke dalam tubuh tidak optimal.

Mengalami gangguan tidur

Menurut penelitian yang dilakukan pada 2016, hingga 75% penderita asma menderita gangguan tidur di malam hari. Bahkan, gangguan tidur ini akan menyebabkan berbagai masalah dan penyakit lainnya, seperti pusing, tubuh menjadi semakin lemah dan stres.

Dalam hal ini, kegiatan terputus dan akan sulit untuk berkonsentrasi pada pekerjaan.

Masalah psikologis muncul

Padahal, asma yang tidak terkontrol berhubungan langsung dengan stres, gangguan kecemasan, depresi. Jika asma tidak dirawat dan dikendalikan dengan benar, bukan tidak mungkin untuk mengalami gangguan psikologis ini.

Tentu saja, gangguan psikologis itu akan memengaruhi aktivitas Anda dan kehidupan sehari-hari.

Anda membutuhkan lebih banyak biaya medis

Ketika seseorang menderita asma dan tidak mengendalikannya dengan benar, bukan tidak mungkin kondisi kesehatannya memburuk.

Ketika ini terjadi, perawatan di rumah sakit mungkin diperlukan agar kondisinya cepat pulih. Nah, perawatan rawat jalan jelas membutuhkan biaya lebih banyak daripada perawatan rawat jalan.

Komplikasi saluran pernapasan

Meskipun jarang, asma kadang-kadang dapat menyebabkan komplikasi pernapasan yang mengancam jiwa termasuk pneumonia (infeksi paru-paru), pneumotoraks (kolapsnya paru-paru sebagian atau seluruhnya), kegagalan pernapasan atau status asma (serangan asma parah yang tidak menanggapi pengobatan).

Menurut Global Initiative for Ashma, sekitar satu dari 250 kematian terjadi di seluruh dunia setiap tahun karena asma. Tetapi banyak dari kematian ini sebenarnya dapat dicegah dengan gejala yang tepat dan perawatan darurat.

Tanpa kontrol yang memadai, asma dapat memiliki efek negatif pada kualitas hidup. Ini tidak hanya akan menyebabkan kerusakan serius pada Anda dan keluarga Anda, tetapi dapat memiliki konsekuensi sosial yang serius.

Oleh karena itu, pemahaman yang mendalam tentang asma dan penatalaksanaan yang tepat harus dilakukan sejak awal penyakit. Mengetahui komplikasi asma juga dapat membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya manajemen.

Baca Juga :