Minyak tawon tidak kalah populer dengan minyak telon dan minyak kayu putih. Minyak ini biasanya digunakan untuk memijat tubuh. Namun, tahukah Anda apa manfaat kesehatan dari minyak tawon? Penasaran dengan jawabannya? Lihatlah ulasan berikut.

Apa itu minyak tawon?

Meski namanya minyak tawon, nyatanya minyak ini tidak tersusun dari tawon, alias lebah. Nama “minyak tawon” sebenarnya adalah merek minyak gosok yang diperoleh dari campuran minyak kayu putih (minyak cajuput), minyak serai (citronella), kunyit, dan bawang merah.

Jika Anda merasakannya, minyak tawon memiliki aroma khas. Baunya seperti campuran minyak kayu putih dan obat herbal. Anda dapat menemukannya dengan mudah di toko obat dan dapat dibeli tanpa resep dokter.

Manfaat kesehatan dari minyak tawon

Minyak tawon sebenarnya lebih populer sebagai pijatan daripada minyak kayu putih atau telon. Namun, fungsinya bukan hanya itu. Berikut adalah beberapa sifat minyak tawon berdasarkan bahan alami.

  • Dapat digunakan sebagai minyak pijat

Saat tubuh Anda sakit, Anda biasanya dipijat. Agar tangan Anda dapat memijat tubuh Anda lebih mudah, Anda membutuhkan pelumas dalam bentuk minyak. Jika minyak esensial Anda habis, minyak tawon dapat menjadi pilihan.

Minyak ini aman jika dioleskan ke kulit. Namun, Anda harus menghindari mengolesi area kulit yang terluka karena sensasi panas dapat menyebabkan rasa sakit pada beberapa orang.

  • Meredakan nyeri sendi dan otot

Selain tekstur pijatan yang tepat, kandungan capujut dalam minyak tawon juga bermanfaat bagi tubuh Anda yang sakit. Alasannya, minyak cajuput mengandung senyawa aktif cineole yang bisa menghilangkan rasa sakit.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Evidence Based Complement Alternative Medical, senyawa kinolik dapat mempengaruhi sistem saraf pusat dengan meningkatkan produksi serotonin. Serotonin adalah hormon yang dapat membuat seseorang lebih tenang dan bahagia. Efek ini membantu mengurangi rasa sakit.

  • Ini menghangatkan tubuh dan melegakan pernapasan

Aroma minyak tawon sangat khas. Aroma khusus ini membantu meredakan pernapasan dari hidung tersumbat. Aroma aromaterapi dari minyak cajuput ditambahkan ke bau khas bawang, minyak sereh dan kunyit yang memulai sirkulasi udara di hidung.

Manfaat minyak tawon bukan hanya ini, kandungan minyak cajuput juga mampu menghangatkan tubuh.

Dengan demikian, bawang yang memberi efek vasodilatasi, ketika digosokkan pada kulit, peredaran darah akan lebih lancar, sehingga cukup efektif untuk mengatasi masuk angin jika digunakan untuk mengikis minyak.

  • Mencegah gigitan nyamuk

karena gigitan nyamuk
Untuk mengusir dan mencegah gigitan nyamuk, Anda dapat menyebarkan minyak tawon pada tubuh yang kurus.

Ternyata nyamuk tidak menyukai aroma minyak tawon yang cukup menyengat dan cenderung menjauhi bau tersebut. Anda pasti dapat kembali ke aktivitas Anda tanpa takut digigit nyamuk.

Manfaat minyak tawon tidak terbatas pada mengusir nyamuk. Minyak tawon ekstrak kunyit mengandung senyawa aktif curcumin yang berpotensi mengurangi risiko peradangan kulit.

Gigitan nyamuk membuat kulit terasa gatal. Jika Anda terus menggaruk kulit Anda, itu mungkin membengkak dan meradang. Jika Anda menyebarkan minyak tawon pada kulit yang digigit nyamuk, peradangan akan pulih lebih cepat.

Baca juga :