Teks pameran adalah teks yang berisi informasi yang mungkin dalam bentuk ide atau fakta untuk memberi pembaca informasi dan pengetahuan tentang suatu pertanyaan.

Teks pameran mengacu pada artikel atau esai dalam bentuk paragraf di mana pengetahuan atau informasi terkait ada untuk menginformasikan tentang sesuatu.

Jika kita melihat definisi teks pameran di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa tujuan membuat teks pameran adalah untuk dapat menginformasikan, menjelaskan, atau menjelaskan sesuatu yang sudah menjadi informasi, ilmiah. atau tidak fiktif dengan tujuan dari mana pembaca menjadi sadar.

Struktur Teks Eksposisi

Contoh Teks Eksposisi
Contoh Teks Eksposisi

Selain elemen, teks pameran juga memiliki struktur tekstual. Dalam teks pameran kita melihat di dalam struktur, yang menciptakan teks pameran. Berikut adalah tiga elemen teks pameran:

1. Struktur Teks Tesis

Struktur pertama teks pameran adalah tesis. Disertasi adalah bagian dari teks pameran, yang berisi pengantar masalah, masalah dan pandangan umum penulis tentang subjek.

Untuk detail lebih lanjut dari karya ini, pertimbangkan contoh teks pameran dalam bentuk karya:

Jika pemerintah tidak bertindak cepat selama sepuluh tahun ke depan, hutan Sumatra akan hancur.

Hilangnya hutan di Sumatra juga akan diikuti oleh perusakan hutan di Kalimantan

2. Struktur Teks Rangkaian Argument

Struktur tekstual kedua dari pameran adalah serangkaian topik. Dalam teks pameran ada pendapat atau argumen penulis, yang berguna sebagai penjelasan untuk tesis sebelumnya. Ini didefinisikan sebagai serangkaian argumen. Biasanya, sejumlah topik berisi fakta yang mendukung argumen penulis.

Terletak di paragraf kedua dan juga di paragraf ketiga. Paragraf ketiga disertai dengan fakta-fakta yang mendukung tesis atau pendapat. Paragraf kedua hanya berisi pendapat penulis tentang disertasi. Contoh di bawah ini:

Selain itu, petani juga bisa menjadi pekerjaan alternatif yang telah dimulai dalam teks karena mereka dapat hidup sukses sebagai petani.

Sayangnya, ini belum dilakukan, dan karena kehidupan petani jauh dari baik, banyak anak muda tidak ingin berharap untuk menjadi petani. Menjadi petani dianggap sebagai tugas yang bergengsi.

3. Struktur Teks Penegasan Ulang

Struktur teks pameran terakhir adalah konfirmasi. Struktur konfirmasi berisi formulasi singkat. Biasanya, konfirmasi ini pada akhirnya disebut sebagai kesimpulan atau kesimpulan.

Hal ini dapat ditemukan pada paragraf terakhir, yang tidak mengulangi tesis secara langsung.

Sebagai contoh, kata-kata dari pernyataan di bagian Konfirmasi berbunyi: Tampaknya kedua masalah tidak cukup. Kata “che” menunjukkan masalah yang dibahas di koran.

Jenis-Jenis Teks Eksposisi

Teks tampilan adalah jenis teks yang sering dibuat untuk berbagai keperluan.

Karena alasan ini, manfaat pameran ini luar biasa karena memberi pembaca informasi dan pengetahuan tambahan.

Teks pameran memiliki berbagai jenis teks dalam karyanya. Pembagian teks tampilan tergantung pada jenis pengetahuan atau informasi yang akan dikirim, seperti.

1. Teks Eksposisi Laporan

Teks presentasi laporan adalah contoh teks pameran yang digunakan untuk keperluan laporan.

Secara lebih umum, jenis teks ini telah ditulis untuk menggambarkan suatu peristiwa secara terperinci dan bahkan sepenuhnya.

2. Teks Eksposisi Definisi

Definisi teks pameran adalah contoh teks pameran yang mendefinisikan sesuatu.

Jenis teks eksposur ini menjelaskan sesuatu yang terkait dengan sesuatu dengan membatasi sesuatu yang dibahas dalam dokumen.

Tujuannya adalah untuk melakukan sesuatu sehingga informasi yang disajikan berbeda dari teks-teks lain.

3. Teks Eksposisi Ilustrasi

Teks yang ditampilkan adalah jenis teks tampilan yang berisi deskripsi tentang sesuatu yang berkaitan dengannya, dan di beberapa bagian menjelaskan bahwa teks tersebut telah diatur secara terperinci.

Selain itu, beberapa contoh buku teks ilustratif telah digunakan untuk menjelaskan dua hal yang terkait erat tetapi bukan sifat membandingkannya.

4. Teks Eksposisi Proses

Teks Eksposur Proses adalah jenis teks pameran yang berisi eksposur fase proses tertentu yang memiliki tujuan membuat proses menjadi jelas, mudah dipahami, dilakukan dan juga dapat dipraktikkan.

Dalam teks sampel, proses eksposur biasanya digunakan untuk menjelaskan bagaimana sesuatu dibuat atau dijalankan.

5. Teks Eksposisi Klasifikasi

Tampilan klarifikasi teks adalah contoh teks tampilan yang isinya pada layar menulis tentang sesuatu sesuai dengan grup.

Tujuan pengelompokan ini dalam teks Pameran Klasifikasi adalah untuk menjelaskan masing-masing kelompok dengan cara yang jelas dan mudah dipahami oleh pembaca.

6. Teks Eksposisi Perbandingan

Teks komparatif dari pameran adalah bagian dari teks pameran, yang isinya merujuk pada penjelasan tentang sesuatu yang telah ditulis dibandingkan dengan teks berikutnya, yang menurut pembaca lebih mudah dipahami atau dipahami. Teks representasi komparatif tidak sama dan tidak dapat dibandingkan dengan teks jenis analog.

7. Teks Eksposisi Pertentangan

Teks pameran dalam konflik adalah contoh teks pameran, yang berisi konflik antara suatu objek dan objek lain dengan jenis yang sama.

Biasanya mereka juga menggunakan kalimat majemuk dalam teks presentasi kontradiktif dan sebaliknya dan sebagainya.

8. Teks Eksposisi Analisis

Jenis teks pameran terakhir adalah teks paparan analis. Dalam teks pameran, analis berisi proses yang memisahkan masalah dari ide utama.

Masalah yang terpisah kemudian dibagi menjadi subbagian yang lebih kecil.

Dengan demikian, pengembangan dilakukan secara berurutan oleh bagian-bagian kecil sebelumnya.

Contoh Teks Eksposisi

Banyak contoh teks pameran yang beredar di sekitar kita dapat ditemukan di majalah, koran, dan buku teks.

Teks pameran ini tidak hanya tersebar luas saat ini di media online. Berikut adalah beberapa contoh teks tampilan menurut jenis:

1. Contoh Teks Eksposisi Laporan Beserta Struktur

tesis

Jika pemerintah tidak bertindak cepat selama sepuluh tahun ke depan, hutan Sumatra akan hancur.

Hilangnya hutan di Sumatra juga akan diikuti oleh perusakan hutan di Kalimantan.

Pengelolaan hutan tidak hanya menunjukkan tanda-tanda perbaikan dibandingkan tahun sebelumnya.

Sebaliknya, tren hanya akan bertambah buruk. Kebakaran hutan akan berlanjut dan pembalakan liar akan meningkat.

Dipercepat oleh rencana pemulihan untuk lahan hutan lindung untuk ditambang. Situasi ini tentu saja akan memperburuk nasib hutan yang sepi.

Argumentasi

Kondisi hutan Indonesia sudah sangat memprihatinkan. Dalam kurun waktu sekitar lima puluh tahun, hutan alam Indonesia akan hidup di lahan seluas 64 juta hektar.

Pemulihan hutan alam di dataran Sulawesi juga telah menghancurkan keanekaragaman hayati.

Jutaan spesies flora dan fauna telah sepenuhnya musnah. Reklamasi lahan dengan membakar hutan hanya akan memperburuk masalah kerusakan hutan. Munculnya El Nino telah memperburuk kondisi hutan.

Di pulau Sumatra setelah kebakaran, yang terjadi di hutan gambut, hingga 49%, Alang-Alang hingga 13%, hutan dataran rendah hingga 10%, pemukiman / pertanian masyarakat hingga 10%, perkebunan hingga 8% dan sisanya dari rawa (bukan gambut), kebakaran hutan tidak menimbulkan kerugian minimum.

Diperkirakan kerugian pada 1997 mencapai 3 hingga 4,4 miliar dolar atau sekitar 2 hingga 4 triliun rupee.

Penegasan Ulang

Ternyata, kedua masalah itu tidak cukup. Pemerintah menambahkan masalah lain pada rencana untuk mengembangkan kawasan hutan lindung yang digunakan untuk area pertambangan. Politik akan secara signifikan meningkatkan penderitaan hutan Indonesia.

Sumber : https://contohsoal.co.id/

Baca Juga :